Judul Buku: Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam
Penulis: Dr. Mahfud Junaedi, M.Ag.
Penerbit: Prenadamedia
Buku ini dimaksudkan untuk membantu mempermudah mahasiswa memahami konsep maupun teori pendidikan Islam dalam perspektif filosofis. Buku ajar (textbook) ini disusun sesuai dengan silabus matakuliah filsafat pendidikan Islam, sehingga sangat membantu mahasiswa dalam hal kesulitan mencari bahan referensi dan buku-buku filsafat pendidikan Islam; mengingat buku-buku filsafat pendidikan Islam masih sangat terbatas.
Pembelajaran/perkuliahan filsafat pendidikan Islam adalah suatu keharusan bagi mahasiswa calon guru di lembaga pendidikan Islam, dan calon pengelola pendidikan Islam di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (UIN, IAIN, STAIN, PTAIS, dan FAI PTU).
Matakuliah ini membekali mahasiswa dengan seperangkat konsep maupun teori filsafat dan filsafat Islam tentang pendidikan, sehingga mahasiswa akan mampu menganalisis dan mengkritisi pendidikan Islam khususnya dan pendidikan pada umumnya, baik pada tataran teoretis maupun praktik. Dengan demikian para mahasiswa mampu mewujudkan pendidikan Islam yang lebih baik, demi kemajuan pendidikan nasional— kurikulum dan sistem pendidikan—di tengah arus gelombang globalisasi dan Revolusi Industri 4.0 (The Fourth Industrial Revolution, 4IR).
Era milenium ini, dunia ditandai dengan dua perubahan besar (the great shifting) dalam peradaban umat manusia sebagai satu keniscayaan sejarah yang tidak bisa dihindari, yakni Globalisasi dan Revolusi Industri 4.0. Arus gelombang dahsyat ini jika tidak diantisipasi secara baik, akan menjadi tsunami yang akan mengancam sistem dan eksistensi Pendidikan Islam.
0 Comments